Terbukti! CPNS 2024, Meski Usia 40 Tahun Tetap Bisa Daftar dengan Berbagai Jabatan Menarik

Terbukti! CPNS 2024, Meski Usia 40 Tahun Tetap Bisa Daftar dengan Berbagai Jabatan Menarik

Temukan kesempatan unik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024

 
Ilustasi CPNS 2024, Usia 40 Tahun? Tetap Bisa Daftar dengan Jabatan Menarik/Tangkap Layar/setkab

Kanetas.com - Berita positif bagi calon pejuang CPNS dan PPPK, pemerintah resmi mengumumkan pembukaan 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024.

Formasi tersebut terdiri dari dua kategori, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jumlah keseluruhan lowongan CASN mencapai 2.302.543, yang terbagi menjadi 690.822 lowongan untuk CPNS umum atau fresh graduate yang sebelumnya jarang dibuka, serta 1.605.694 lowongan untuk PPPK.

Berita baik lainnya adalah pelamar yang berusia 40 tahun juga diberi kesempatan untuk mendaftar, namun tetap dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Berikut adalah syarat-syarat pendaftaran CPNS 2024 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021:

  1. Calon harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Calon tidak pernah menjalani hukuman penjara selama 2 tahun atau lebih.
  3. Calon tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, atau pegawai swasta.
  4. Calon tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Polri.
  5. Calon tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  6. Calon harus memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  7. Calon harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Setelah diterima sebagai CPNS, calon harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Calon harus berusia antara 18-35 tahun pada saat melamar, kecuali bagi dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang diperbolehkan melamar CPNS dengan batas usia maksimal 40 tahun.

Terus ikuti perkembangan terbaru di situs resmi penerimaan CPNS.

Dengan persiapan yang matang, Anda memiliki peluang besar untuk meraih keberhasilan. Semoga sukses!***